S. Dharmanto, Si Bintang Misterius dari Semarang.

Tidak banyak informasi menuliskan tentang siapa sebenarnya S. Dharmanto. Publik umumnya mengenal beliau sebagai salah satu penyanyi lagu keroncong ternama dan salah satu penggagas musik campur sari yang menurut pengakuan dari Andjar Ani dan Kelly Puspita saat itu bahwa campur sari sudah diperkenalkan lebih dulu oleh S. Dharmanto pada tahun 1969.

Meskipun misterius, S. Dharmanto dikenal sebagai pribadi dengan multi talenta. Suaranya yang khas maskulin dengan power terkendali dalam bernyanyi membuatnya menjadi salah satu penyanyi yang populer pada zamannya.

Tidak hanya kepiawaiannya dalam bernyanyi, S. Dharmanto juga termasuk dalam komposer, pencipta dan arranger lagu berbakat. Lagu-lagu yang dibawakan beliau sebagian merupakan komposisi karya ciptanya dan memang sudah tidak diragukan lagi karena pengalaman beliau bergabung dengan stasiun RRI Semarang selama 13 (tiga belas) tahun masa mengabdi. Selepas dari RRI Semarang,  S. Dharmanto memutuskan hijrah ke Jakarta bergabung dengan Studio Jakarta dan bekerja sama dengan Orkes Tetap Segar pimpinan Brigadir Jenderal Rudi Pirngadi.

Menikmati suara khas S. Dharmanto dalam Album ‘Singing Under The Star’ yang berkolaborasi dengan Tan Eng Lim terdengar begitu menyenangkan hati. Konsep albumnya sendiri tentang bernyanyi di bawah bintang-bintang dengan narasi yang menceritakan pola hidup masyarakat Indonesia pada saat itu.

Ketika bintang-bintang seperti gugusan permata yang menghiasi langit dan udara malam Indonesia yang sejuk mencuri ke dalam tempat tinggal para lelaki, orang-orang keluar untuk berjalan-jalan atau mereka duduk di teras untuk mengobrol atau menghibur diri mereka sendiri dan menikmati malam. Seseorang mengeluarkan banjo, yang lain membawa alat seperti ukulele yang disebut Krontjong (dilafalkan kron-chong), dan kemudian ada sebuah gitar dan cello, dan akhirnya seruling, dan orang-orang bermain dengan irama yang beriak dan riasan kata untuk bernyanyi sambil berjalan. Dan itulah musik tradisional Krontjong untuk Anda.Demikian narasi tertulis pada cover album tersebut.

Penasaran seperti apa lantunan suara beliau saat bernyanyi? Berikut beberapa daftar video audio album S. Dharmanto “Singing Under The Stars”  dapat anda klik referensi YouTube playlist #PustakaTjroeng  di bawah ini :

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial