ENDANG SETYAWATI, PENYANYI KERONCONG KONDANG DI NEGERI BELANDA

Panasnya sinar matahari tidak menghalangi Tjroeng untuk mewawancarai langsung Endang Setyawati penyanyi yang berasal dari Indonesia namun bermukim di Belanda. Keramahtamahan Endang Setyawati dan keluarganya terlihat ketika menyambut kedatangan Tjroeng di kediamannya, di kawasan Bungurasih Barat Surabaya. Tujuan kedatangan ke Indonesia disamping berlibur, juga dalam rangka pembuatan video klip album ketiganya. Album yang sedang digarapnya ini sengaja mengambil latar belakang keindahan alam Indonesia.

Wanita kelahiran Blitar 19 Agustus 1958 ini sejak kecil sering mengikuti perlombaan menyanyi. Sebelumnya, hampir selama 11 tahun Endang bekerja di Dinas Sosial sebagai pengajar musik untuk anak-anak tuna netra. Pengalaman-pengalaman hidup Endang, diukir dengan sangat bermakna. Karier bernyanyinya dimulai semenjak masih tinggal di Bali. Wanita dengan rambut sebahu ini tidak berhenti meniti karier di Pulau Bali. Tahun 1996 Endang terbang ke Belanda dan mengembangkan profesi bernyanyinya disana. Perlahan namun pasti, Warga Belanda mulai mengenal kiprah Endang sebagai penyanyi. Banyak tawaran menyanyi dengan bahasa Indonesia, terutama membawakan lagu-lagu berirama keroncong. Karena terpukau dengan kepiawaiannya melantunkan lagu-lagu keroncong, di Belanda Endang dijuluki Endang Setyawati Penyanyi Keroncong Surabaya.

Animo warga Belanda terhadap musik dan lagu-lagu keroncong sangat baik. Ini terbukti melalu Pasar Malam Tong-Tong yang rutin digelar, yang selalu menampilkan musik keroncong. Apresiasi anak muda di Belanda terhadap musik keroncong juga cukup baik. Tidak heran jika setiap ada penampilan Endang Setyawati selalu juga dihadiri oleh kalangan anak muda. Seringkali Warga Belanda dapat menikmati penampilan Endang menyanyikan lagu keroncong pada saat ada acara-acara reuni warga Belanda yang dulu pernah tinggal di Indonesia. Kiprah Endang di Belanda juga tidak terlepas dari dukungan Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda, melalui pertemuan-pertemuan rutin yang dilakukan, yang selalu menampilkan musik keroncong. Di Belanda, Lagu-lagu keroncong yang sering diminta untuk dilantunkan diantaranya adalah Bengawan Solo, Bunga Anggrek, Sepasang Mata Bola, dan lain-lain.

Memang tidak mudah untuk mempromosikan musik dan lagu-lagu keroncong di negara lain. Perlu dicari cara-cara khusus untuk mempromosikan budaya di negara lain agar secara bertahab dapat diterima dengan lebih luas oleh warga masyarakat Jelas Endang. Untuk menghilangkan kebosanan, ada kiat khusus yang dilakukan Endang yaitu dengan menyuguhkan lagu-lagu dalam setiap penampilannya secara bervariasi (Pop, Country, Dangdut dan keroncong) tergantung dari permintaan penonton. Pada akhir pertemuan dengan Tjroeng, Endang mengatakan Yang paling penting peninggalan budaya leluhur yang adi luhung ini tetap lestari dan terus dicari cara supaya tidak hanya diminati oleh generasi tua namun juga generasi mudanya. (Koes)

Please follow and like us:

One thought on “ENDANG SETYAWATI, PENYANYI KERONCONG KONDANG DI NEGERI BELANDA

  • April 3, 2017 at 2:40 pm
    Permalink

    wow ENDANG SETYAWATI luar biasa , apakah dia masih ada di belanda sekarang ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial