Keroncong Jalanan dan Suara Jalanan

Edisi ke-5 Tjroeng menyibak belantara keroncong jalanan. Mulai musik keroncong yang manggung di caf-caf hingga musik keroncong yang hidup dan menggeliat di jalanan.

Dari telusuran yang dilakukan, tidak sedikit, pemusik keroncong yang dengan keterbatasannya bertahan hidup dalam kondisi pas-pasan dan jauh dari hingar-bingar terbongkarnya kasus korupsi anggota DPR-RI yang terhormat, dan jauh dari gemerlap sinar selebritis muda dadakan.

Pada saat ini pun, seniman keroncong jauh juga dari suara-suara yang berteriak-teriak di jalanan demi menuntut turunnya harga BBM yang sebelumnya telah didahului dengan mulai melambungnya harga-harga bahan pokok. Kondisi tersebut menjadikan keroncong nampak jauh dari pusaran kehidupan Indonesia saat ini.

Upaya mendaratkan keroncong agar berpijak kepada situasi realitas sosial yang ada sesungguhnya tidak sulit. Seperti terjadi pada masa perjuangan kemerdekaan, lirik-lirik lagu keroncong banyak mengusung issue perjuangan fisik melawan penjajahan, dan kini seniman keroncong ditantang untuk aktif dan produktif dalam membuat karya-karya baru keroncong yang mendasarkan pada kondisi yang ada.

Titik pijak keroncong yang mengakar pada persoalan bangsa dan mampu mengartikulasikannya akan menjadikan keroncong sebagai kendaraan besar bagi bangsa ini untuk bangkit. Lokalitas keroncong diyakini mampu mengusung issue-issue strategis bagi perlawanan melawan kapitalisme global.

Momentum Seabad Kebangkitan Nasional bisa dijadikan awal dari langkah besar gerakan kaum muda keroncong. Langkah awal yang menjadikan keroncong sebagai nafas kehidupan bangsa, dan diharapkan pada gilirannya bisa menjadikan keroncong sebagai media perlawanan atas kekuatan fundamentalisme pasar yang menghegemoni serta mengkooptasi jati diri bangsa dan Negara. Pada titik ini, gerakan pembaharuan keroncong mutlak dilakukan. Keroncong harus tanggap pada persoalan bangsa yang nyata dan masuk ke dalam realitas sosial, serta menyikapinya. Sebab, hanya dengan ini keroncong bisa mengambil peran lebih, dalam gerakan restorasi nasional. Dan oleh karenanya keroncong akan hidup, benar-benar hidup.

Irama keroncong yang tenang bersahaja dan dalam menyimpan energi kuat. Energi ini sudah saatnya dialirkan menjadi kekuatan yang mampu menggerakkan rakyat demi perbaikan Negara tercinta. Keroncong dengan lokalitasnya seharusnyalah mampu mendorong bagi gerakan cinta produk dalam negeri.

Bangkit Indonesia!!!

Bangkit Keroncong Indonesia!!!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial