Michiel Meijer menghidupkan Keroncong di Belanda

Michiel Miejer
Michiel Miejer

Michiel Meijer. Mendengar nama tanpa melihat wajah dari pemilik nama itu, pasti akan langsung membayangkan sosok bule, berkulit putih, bermata hijau, dan berambut pirang. Pikiran itu akan langsung berubah 180 derajat ketika bertemu langsung dengan sang empunya nama. Orang dalam hati langsung akan bertanya Kok rambut dia hitam, kulit coklat ya?. Ya, meski mempunyai nama Belanda, ternyata Michiel ada keturunan Indonesia. Bahkan ia lahir di Surabaya dan cukup lama tinggal di sana, hingga orang tuanya memboyongnya ke Belanda.

Bercerita tentang Keroncong di Belanda, nampaknya tidak bisa dijauhkan dari nama Michiel Meijer. Kecintaannya kepada keroncong menggiringnya untuk mau terlibat banyak di sela-sela kesibukannya, demi mempromosikan keroncong di Negeri Belanda. Di Negera Kincir Angin ini memang terdapat banyak warga keturunan Indonesia. Apalagi sejarah Indonesia tidak bisa dipisahkan dari sejarah Belanda, tak heran jika di Belanda keroncong digemari oleh banyak kalangan.

Melalui acara-acara Pasar Malam di Belanda, Michiel ikut ambil bagian dengan menggelar stand untuk mempromosikan seni Budaya Bangsa Indonesia, termasuk Musik Keroncong, beserta pernak-perniknya. Melalui diskusinya yang intens dengan Tjroeng, Michiel bersedia untuk menjadi kontak person Tjroeng di Belanda. Melalui Michiel perkembangan keroncong di Indonesia bisa diterima oleh penggemar keroncong di Belanda lewat media Tjroeng.

Saya mempromosikan keroncong di Belanda itu bukan untuk kepentingan bisnis, tetapi atas dasar kecintaan saya terhadap keroncong, demikian Michiel Meijer menjelaskan ketika ditanya mengapa ia sangat gencar mempromosikan keroncong di Belanda. Ungkapan Michiel Meijer ini seolah menjadi pelengkap bagi aktifitas kawan-kawan yang tergabung di Tjroeng. Mereka mau bekerja secara sukarela untuk memajukan keroncong karena atas dasar kecintaan yang luarbiasa. Keroncong memang patut dicinta karena iramanya yang sangat cantik. (ABW)

Please follow and like us:

2 thoughts on “Michiel Meijer menghidupkan Keroncong di Belanda

  • November 7, 2011 at 9:59 pm
    Permalink

    Ini adalah suatu sumber daya yang besar bahwa Anda menyediakan dan Anda memberikan secara gratis . Saya menikmati melihat website yang memahami nilai dari menyediakan sumber daya utama untuk gratis. Aku benar-benar mencintai membaca posting Anda . Terima kasih !

  • November 12, 2011 at 7:54 am
    Permalink

    Sangat baik hal .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial