Jakarta Punya Lembaga Pelatihan Keroncong

Gedung Batavia dan keroncong remaja. Betapa serasinya. Gedung di kawasan Sunda Kelapa itu, tepatnya di Jl. Baruna Raya, resmi menjadi “markas” keroncong remaja. Sabtu 12 April 2014 silam Batavia Sunda Kelapa Marina (BSKM) dan Komunitas Krontjong Toegoe (KT) bersepakat untuk  mendirikan Lembaga Pelatihan Musik Keroncong.  Kesepakatan itu ditandatangani oleh kedua pihak, disaksikan oleh Wakil Walikota Jakarta Utara.

BSKM memandang perlu untuk mendirikan lembaga pelatihan itu, mengingat musik keroncong adalah karya cipta budaya Indonesia yang harus dipelihara dan dikembangkan secara bijak, agar dalam kehidupan bangsa keberadaannya terus terjaga. BKSM menganggap musik keroncong sebagai salah satu symbol budaya jatidiri Bangsa Indonesia.

06.B. Stb Nusantara - Gambar 2

Dengan adanya lembaga pendidikan keroncong, paling tidak akan ada tempat yang pasti bagi para remaja yang berminat memelajari

Langkah yang ditemput BSKM untuk mewujudkan agar keroncong tetap terpelihara dengan baik bahkan mampu menjangkiti remaja/ anak muda, ditempuhlah mendirikan lembaga pelatihan itu. Menggandeng Ktontjong Toegoe, langkah konkrit yang akan dilakukan berikutnya adalah dengan merekrut para remaja/ anak muda/ pelajar setingkat SLTA di Jakarta, untuk dikenalkan dan dididik memainkan musik keroncong, bertempat di Gedung BSKM.

Acara yang dirupakan dengan perform Krontjong Toegoe itu juga menampilkan Orkes Keroncong Bahana Remaja, para pelajar SMP Santa Angela dari Bandung, pula dihadiri Koko Thole Pesona Jiwa dan para pegiat keroncong dan tamu undangan BSKM. (Bentang Waktu)

Please follow and like us:

tjroeng

Tjroeng Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial