Kelly Puspito : Keroncong Tanah Air

mendalam lembah curam, di sela gunung meninggi

suatu pemandangan tanah airku Indonesia elok adi

sungai sungai mengalir berliku melalui lembah yang menghijau

Begitulah keelokan alam Indonesia dalam gambaran seorang Kelly Puspito. Namun, mendung secara tiba-tiba menggayut dalam layar monitor, menatap berita yang dimuat oleh kawan-kawan pegiat keroncong yang mengabarkan bahwa Kelly Puspito meninggal dunia pada Sabtu, 17 Oktober 2009 di Semarang akibat penyakit kanker prostat, gula, dan asam urat yang dideritanya. Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaik dalam musik keroncong.

Raden Pratiknyo Kelly Puspito dilahirkan tanggal 27 Agustus1930 di Pati, Jawa Tengah. Ayahnya seoarang PNS yang tergolong sebagai kelas menengah dan kurang menyukai musik, namun mereka sering mendengarkan musik yang baik. Kelly Puspito kecil tertarik dengan musik dan mencoba memainkannya. Jenis irama musik hawaii-an yang nge-trend waktu itu merupakan dasya pikat tersendiri, namun pada akhirnya Kelly Puspito menentukan pilihan musiknya. Keroncong.

Bermusik di kantor pos

Dunia musik pada tahun 1950 belum menjadi pilihan hidup, karena memang tidak mudah menggantungkan hidup dari bekerja sebagai pemusik. Maka di tahun 1961, Kelly Puspito menerima tawaran pekerjaan di Kantor Pos, sembari tetap beraktivitas dalam musik. Dari bekerja di Kantor Pos inilah karya-karya Kelly muda tumbuh.

Atas prestasi tersebut, Kelly kemudian diminta untuk memimpin Orkes Keroncong KODAM IV Diponegoro di tahun 1961. Dalam orkes inilah ia semakin bisa menempa kemampuan musikalitasnya dengan selalu mencoba menerapkan berbagai gagasan musik untuk membuat agar musik keroncong selalu disukai oleh masyarakat.

Dalam mencipta lagu-pun Kelly memiliki mimpi dan harapan besar terhadap negeri yang dicintainya. Keroncong Tanah Airku menjadi salah satu tonggak karyanya yang abadi. Rasa cintanya kepada tanah air ingin ia sampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia. Dan bekerja di Kantor Pos seolah-olah menjadi pertanda bahwa seluruh lagu-lagunya hendak ia kirimkan ke seluruh penjuru Indonesia.

Gaya Semarangan dan Nasionalisme

Musik keroncong perkembangannya dari yang asli atau asli Indonesia berawal dari keroncong tugu, musik ini terus masuk dan berkembang di Semarang. Ciri khas musik keroncong gaya Semarang ini dapat terdengar dari permainan cellonya, gaya ini berbeda dengan gaya di Solo, Yogyakarta, atau Surabaya” demikian pernah dipaparkan oleh Kelly Puspito.

Keroncong gaya Semarangan, pengaruh Kelly Puspito sangat besar dalam perkembangannya. Bahkan atas jasa-jasanya dalam mengembangkan keroncong di Semarang, Marco Marnadi dalam peringatan ulang tahun ke-26 Congrock dan Waroeng Keroncong mendedikasikan acaranya buat Kelly Puspito dengan tajuk ”Tembang Tanah Air, Tribute to Kelly Puspito”.

Ikatan bathin antara Kelly Puspito dengan Congrock 17 sangatlah kuat. Kelahiran Congrock tidak terlepas dari sosok Kelly yang memang memiliki harapan agar keroncong bisa terus hadir, sesuai dengan jamannya.

Dan dalam skala nasional, ”Kelly Puspito punya peran yang cukup penting dalam perkembangan musik keroncong di Tanah Air. Karyanya selalu menjadi lagu wajib lomba keroncong,” kata Marco Marnadi pentholan Congrock 17 yang sekaligus menjadi Dewan Kesenian Semarang.

Kelly Puspito, ’ngeli’ bersama keroncong

Ngeli’ (bhs Jawa) memiliki arti menghanyut. Begitulah sosok Kelly Puspito, ia memilih jalan pedang keroncong. Maka, ia ikut menghanyutkan diri dalam arus hidup keroncong. Karya-karyanya telah memberi warna tersendiri dalam sejarah musik keroncong Indonesia. Lebih dari 50 tahun Kelly hidup bersama keroncong, dan saat ini Kelly telah berpulang.

Keroncong Tanah Air, salah satu karya Kelly Puspito menggema. Seiring dengan itu tanah dan air Indonesia membuka diri untuk menerima kembali Kelly Puspito masuk ke dalam pangkuan abadi.

Selamat Jalan Kelly Puspito!!!

(mboets : diolah dari berbagai sumber)

Please follow and like us:

tjroeng

Tjroeng Admin

9 thoughts on “Kelly Puspito : Keroncong Tanah Air

  • April 22, 2011 at 11:09 am
    Permalink

    Keroncong adalah merupakan salah satu musik rakyat Indonesia yang berkembang sejak Abad XIX dibagi dalam 3 masa perkembangan KERONCONG TEMPO DOELOE 1880-1920 KERONCONG ABADI 1920-1960 dan KERONCONG MODERN 1960-sekarang …..Keroncong adalah sejenis musik Indonesia yang memiliki hubungan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Keroncong berawal dari musik yang dimainkan para budak dan opsir Portugis dari daratan India Goa serta Maluku.

  • May 19, 2011 at 2:00 pm
    Permalink

    ……KeroncongNov17 2007Keroncong adalah sejenis musik Indonesia yang memiliki hubungan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Keroncong berawal dari musik yang dimainkan para budak dan opsir Portugis dari daratan India Goa Tugu tempat berdirinya padrao Sunda-Portugis serta Maluku.

  • July 20, 2011 at 1:37 am
    Permalink

    aku salah satu mahasiswanya di IKIP Semarang yang disebali tapi juga hubungan kami sangat akrab. Walau banyak karangan p Kellydiantaranya Cogan Kemenangan, Pandangan Pertama, Gado2 Semarang dll, tapi yg berkesan bagiku yaitu keroncong Tanah Air.

  • July 20, 2011 at 1:51 am
    Permalink

    pak Kelly sangat sayang dan akrab dengan para mahasiswanya, di IKIP Negeri Semarang (sekarang UNNES) jur senimusik di Bendan Ngisor kami sll menunggu kedatangannya. Aku yakin beliau merindukan kami seperti kami merindukannya. Hubungan kami seperti ayah dan putra putrinya. Aku salah satu yg paling ndableg kalau latihan ataupun kuliah, tapi aku sering dimintanya mendampingi mengiringi paduan suara atau ikut vocal group yg diarransemen oleh pak Kelly.

  • July 20, 2011 at 1:58 am
    Permalink

    Beberapa kesmpatan pertemuanku dengan beliau saat aku sudah tamat kuliah, yaitu di event2 lomba seni musik tingkat karesidenan. Pak Kelly pernah mengutarakan keinginannya dolan kerumahku di cilacap krn ada bbrpa ex mahasiswanya diantaranya Nicholas Aris, Tomo Heri, dan istriku sendiri, tapi blm kesampaian Tuhan memanggilnya, sungguh baru mlm ini pas g bisa tidur aku tiba2 sangat merasa kehilangan beliau….selamat jalan pak Kelly….we always love you…

  • May 21, 2013 at 11:55 pm
    Permalink

    pak kelly bukan saja sebagai pemimpin orkes kroncong di kodam viii tapi sekaligus sebagai pemimpin di rohib kodam vii diponegoro.

  • September 26, 2014 at 8:04 am
    Permalink

    Asslmku…..hayoo….arek-arek muda mari kita lestarikan budaya Indonesia khususnya musik keroncong….

  • August 1, 2018 at 2:19 pm
    Permalink

    keroncong merupakan alat music tradisional yang banyak digemari, memainkan keroncong tidak mudah, memerlukan ketelitian yang tinggi.
    tidak heran jika alat music ini memiliki nilai tinggi.

  • September 30, 2018 at 11:33 am
    Permalink

    semoga musik keroncong ini tetap dapat dilestarikan yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial