Lomba Nyanyi Keroncong

Tingkat guru SD, SMP dan SMA / SMK se Kodya Surabaya

Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyelenggarakan Lomba Nyanyi Keroncong untuk tingkat Guru SD, SMP dan SMA/ SMK. Lomba Nanyi keroncong ini diselenggarakan pada tanggal 27 s/d 28 Maret 2009 dengan mengambil tempat di Taman remaja Surabaya.

Lomba ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya yang ke 716 pada bulan Mei mendatang, papar Bapak Miskan, Kasi Kesenian dan Olahraga di Dinas Pendidikan, selaku Ketua Panitia Lomba Nyanyi Keroncong. Penyelenggaraan acara lomba keroncong guru dilikngkungan Dinas Pendidikan ini baru yang pertama kali, dan sebenarnyalah saya tidak menduga peserta akan sebanyak ini, pada saat saya diperintahkan oleh dinas untuk mengadakan acara ini, saya sempat berpikir paling paling pesertanya 5 sampai 10 orang saja, lanjutnya.

Lomba Nyanyi Keroncong Tingkat Guru ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Bapak Drs. H. Sahudi M.Pd. dengan tujuan untuk menggugah para Guru untuk kembali mencintai keroncong sebagai bagian dari warisan budaya, serta menyerahkan tongkat estafet warisan budaya ini kepada anak didik di sekolah, bagaimana anak didik kita bisa mencintai dan kemudian mengembangkan keroncong kalau mereka tidak mengenalnya.

Hasil dari Lomba Nyanyi Keroncong dengan Juri yang terdiri atas : 1) Agustina Kencana Mulya (Seniman Musik) ; 2) Bambang Sukmo Pribadi (Pendidik) dan 3) Munifa Priyadi (Komunitas Keroncong Cyber) dengan mengacu pada criteria penilaian a) Vokal ( Olah suara, balance / blending) ; b) Teknik ( Kaidah lagu keroncong, Penguasaan panggung serta microphone) ; c) Pembawaan (Expresi dalam membawakan lagu, penyampaian makna / isi lagu) dan d) Penampilan ( Tata busana, termasuk keserasian dan keselarasan penari latar) memutuskan pemenang sebagai berikut :

Tingkat Juara

Nama Peserta

Guru Sekolahan

Nilai

Juara I

Indra Setyaniwoko

SDN Sawonggaling II

889

Juara II

Endang Supriati

SD Mangir

888

Juara III

Puguh Handoko

SDN Pacar Keling

880

Juara harapan I

Isti Yudijani

SDN Sawunggaling

879

Juara harapan II

Nafiri Rafi

SMA Muhammadiyah

859

Para pemenang lomba mendapatkan Tropi, Piagam dan uang pembinaan. (moen)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial