Gurah, Bengkel Penyanyi Menjernihkan Suaranya

Pernahkah pembaca mengenal pengobatan yang disebut Gurah ? apa kasiatnya dan bagaimana cara pengobatannya ?

Berikut pengalaman penulis mengantar seorang kawan untuk pengobatan gurah, yang katanya telah beberapa kali dia dilakukan.

Kraton, sebuah daerah disebelah barat Krian, kurang lebih 30 km dari Surabaya kearah Mojokerto, pk. 08.15 disebuah rumah berpekarangan luas dan teduh kami berhenti.

Bahrul Ulum, sebut saja tabib gurah menyambut kami dengan wajah damai dan senyum yang lembut. Setelah mempersilahkan kami dan menanyakan keperluan kami beliau menjelaskan secara singkat maksud pengobatan :

Gurah adalah pengobatan tradisional yang amat dikenal sejak dahulu oleh kalangan pesinden, untuk menjernihkan suaranya. Sampai sekarang Gurah dikenal dikalangan penceramah, penyanyi untuk menjernihkan dan menyaringkan suaranya.

Sebenarnyalah gurah bermanfaat bagi gangguan yang berhubungan dengan tenggorokan dan pernafasan seperti Asma, sinusitis, batuk kering dan sebagainya juga gejala kepala sering pusing akibat polusi udara, serta perokok.

Bahrul Ulum kemudian menjelaskan proses pengobatan dan apa yang harus dilakukan si pasien, pengobatan dimulai setelah pasien mengetahui benar (terutama untuk pasien yang baru pertama kali gurah) apa yang harus dilakukan.

Pasien diminta tidur telentang, melalui hidung di teteskan ramuan obat gurah (yang dibuat dari pohon Sirgunggu, yang konon tumbuh di daerah imogiri Yogya) setelah di minta menggeleng gelengkan kapalanya selama kurang lebih 3 detik, pasien disuruh tengkurap.

Gurah itu intinya adalah proses pengobatan mengeluarkan slem / dahak atau lendir yang ada di rongga hidung dan tenggorokan. Oleh karena nya bed tempat pasien di mana tindakan pengobatan dilakukan di desain secara khusus, ada lubang yang berhadapan langsung dengan mata, hidung dan mulut. Yang akan mengeluarkan airmata dan lendir selama pengobatan berlangsung. Disebelah bawah bed ditempatkan baskom plastik untuk menampung lendir yang keluar.

Pengobatan ini berlangsung antara 1 sampai 3 jam tergantung kondisi pasien, biasanya pasien yang baru pertama kali gurah akan cukup lama, karena banyaknya lendir yang dikeluarkan.

Sang Tabib selama setengah jam pertama, memijit kepala dan tengkuk pasien dengan lembut untuk melancarkan aliran lendir, pasien diminta membantu mendorong lendir dengan jalan melakukan seperti mengeluarkan ingus (sisi bhs jawa) dengan pelan pelan.

Rasanya hanya pengar seperti kalau hidung kemasukan air waktu berenang, dan pada saat ini, bernafas harus melalui mulut karena hidung benar benar tersumbat oleh lendir yang kental, lendir yang keluar dari hidung tidak boleh diputus (maaf : lendir yang keluar demikian pekat sehingga tergantung diluar hidung sampai 15 – 20 cm ) kalau diputus akan mulai proses awal lagi dengan menggantungnya lendir yang diluar ini menarik yang ada didalam kepala demikian paparan sang Tabib.

Kami datang memang masih cukup pagi, sehingga baru kami pasien yang di tangani Pada tahap ini tidak ada yang dikerjakan oleh tabib, sehingga kami bisa berbincang bincang panjang lebar

Pengobatan ini turun temurun dari kakek dan ayah saya, keluarga kami sudah manjalankan praktek ini lama sekali, ayah saya dulu memulai pekerjaan ini dengan menjajakan keliling di th 1945, beliau meninggal pada umur 98 th

Biasanya Hari Sabtu sore dan Minggu pasien paling banyak, dan datang secara rombongan, pernah ada rombongan yang berjumlah sampai 40 orang.

Pasien terbanyak adalah penyanyi untuk membenahi atau mempertahankan suaranya, kalau dikalangan santri para Qori / Qoriah agar bening dan nyaring dalam membaca Al-Quran. Daya tampung pengobatan yang ada ini bisa 12 orang sekaligus, bila yang datang rombongan besar ya harus antri.

Percakapan kami terputus karena kedatangan tamu, yang datang dengan maksud serupa, salah seorang yang tidak ikut gurah kami ketahui adalah seorang penyanyi elektone yang biasa mengiringi hajatan dan mengisi lagu lagu pada sebuah rumah makan.

Saya melakukan gurah ini rutin pak, 3-4 bulan sekali. Kali ini saya mengantarkan kawan (sambil menunujuk pasien yang sedang diobati) saya merasakan sekali manfaatnya, setelah gurah tenggorokan ini rasanya plong. Saya perlukan ini karena saya cari uang lewat suara ( sambil tersenyum )

Lho mbak ini penyanyi ? penyanyi apa dan dimana ?

Saya penyanyi elektone pak, di sebuah restoran (menyebut nama restoran masakan china) dan juga melayani tanggapan kalau ada hajatan.

Menyanyi apa mbak ? keroncong juga ?

Menyanyi apa saja, dan memang dituntut demikian karena kalau tidak kan hm jadi kalah bersaing dan nggak laku. Keroncong dan campursari juga ini biasanya kalau di hajatan. Kalau di rumah makan jarang yang minta lagu keroncong .. ( senyum lagi )

Terus yang paling senang nyanyi apa mbak ?

Jujur saja saya paling senang nyanyi lagu China, atau tepatnya senang kalau di minta membawakan lagu China .. karena hm tip dari pengunjung rumah makan yang meminta lagu lumayan .. bahkan kadang melebihi honor tetap .. ( senyum lagi .. )

Sewaktu penulis mengatakan mungkin obrolan kita ini akan saya kirimkan ke sebuah buletin keroncong dia kipa kipa ( meminta dengan sangat ) jangan menyebutkan namanya dan rumah makan tempat bekerja.

Jangan pak .. benar ya jangan tulis nama saya dan kawan saya serta rumah makan tempat saya bekerja, apalagi ditulis sedang Gurah disini ini rahasia dapur kami Pak, terus terang saya nggak mau pesaing kami melakukan hal serupa disini ( kali ini agak cemberut ) dan jangan difoto ya pak, saya berikan alamat group saya saja barangkali bapak memerlukan hiburan elektone untuk keperluan hajatan .

Sayapun berjanji tidak menyebutkan dalam tulisan ini, karena yang dikatakan Erni ( bukan nama sebenarnya ) adalah urusan perut, dialam persaingan yang ketat barangkali.

Hal yang menjadi tanda tanya, benarkah Gurah sedemikian ampuhnya untuk menjaga agar suara tetap jernih dan bagus hingga rahasia bengkel pita suaranyapun dirahasiakan.

Barangkali dari pembaca ada yang minat mencoba, tak ada salahnya toh ? minimal urusan tenggorokan dan saluran pernapasan kita plong dan bebas gangguan.

Rekan kami selesai proses dengan tanda tanda hidung tidak buntu lagi dan sudah tidak ada cairan yang keluar, perjalanan jarum panjang di arloji saya berputar dua setengah kali yang artinya proses gurah teman saya memerlukan waktu 2.5 jam wow.

Setelah proses pengobatan selesai pasien duduk untuk menghilangkan pusing, kemudian dipersilahkan untuk cuci muka, dengan sedikit sempoyongan kawan saya menuju kamar kecil untuk membasuh muka membersihkan hidung dan mulut.

Sempoyongan, sedikit sembab pada mata dan pusing adalah hal biasa setelah pengobatan ini. Hal ini disebabkan karena tengkurap yang lama, pandangan mata kebawah terus, bukan karena obat, dalam 2-3 hari ini biasanya masih ada sisa lendir yang keluar, setelah itu baru terasa manfaat gurah demikian tutur pak Tabib.

Tidak ada pantangan dalam pengobatan ini, hanya dihimbau dalam 3 hari setelah gurah disarankan tidak makan makanan pedas dan minum es, dalam waktu seminggu setelah guran disarankan tidak makan ikan laut dan makanan cepat saji.

Ongkos Gurah serela hati, namun biasanya pasien memberikan imbalan kisaran Rp. 50.000,- per orang, yang di terima dengan senang hati di iringi doa semoga pengobatan ini bermanfaat bagi pesien.

Pak Moen, Surabaya, 8 Nepember 2008

Please follow and like us:

33 thoughts on “Gurah, Bengkel Penyanyi Menjernihkan Suaranya

  • March 17, 2009 at 9:05 am
    Permalink

    Informasinya menarik sekali. Kalau boleh saya minta alamat yang jelas atau no telpon yang bisa dihubungi.
    Tolong di kirim ke edipsw@yahoo.co.id. Terima kasih.

  • April 2, 2009 at 4:28 pm
    Permalink

    Mas Edi silahkan hubungi Pak Munifa di alamat : munifa (at) ptpjb (dot) com. salam.

  • June 13, 2009 at 2:56 pm
    Permalink

    Asslm’alaikum. Sbnrnya siapa saja bisa menguasai ilmu terapi gurah ini, yg pnting ada kemauan. Sy juga mengajarkan ilmu terapi gurah ini scara praktis dan gratis..kpd siapapun yang berminat. Terima kasih

  • June 28, 2009 at 5:20 pm
    Permalink

    bsa email k saya alamat gurah d atas. thx a lot…

  • July 20, 2009 at 7:11 am
    Permalink

    minta tolong alamatnya yg jelas ttg terapi gurah diats..sekalian no telp yg bisa di hubungi…..trima kasih

  • August 17, 2009 at 8:14 pm
    Permalink

    Tlg sy dikirim alamat lengkap n no tlpnya, tks

  • September 4, 2009 at 11:49 am
    Permalink

    Pak,tlg bisa lebih jelas alamatnya dan adakah alama di surabaya untk gurah mata?Tx

  • March 12, 2010 at 11:55 pm
    Permalink

    saya sangat tertarik dan sangat ingin mencobanya
    tolong pak kirimin no telp N alamat lengkap di
    vanydamaries@gmail.com terimakasih

  • August 1, 2010 at 12:41 pm
    Permalink

    ini informasi yang saya tunggu-tunggu, tapi saang tidak alamat lengkap ataupun nomer tlp yang bisa di hubungi.tk

  • August 1, 2010 at 12:45 pm
    Permalink

    informasi ini sangat bagus, dan saya tunggu 2, tapi sayang tidak ada alamat/ no. tlp yang lengkap yg bisa di hubungi.kasih alamat/no. tlp yg lengkap donk, kirim ke usin_kyusan79@yahoo.com

  • August 2, 2010 at 10:40 pm
    Permalink

    tolong dikirim alamat gurah tsb,,thanks

  • February 26, 2011 at 7:44 pm
    Permalink

    saya tertarik dgn pengobatan ini pak, dmn alamatnya? bl ada skalian no telp yg bs dihub. tlg di send ke email saya niq_m@yahoo.co.id
    terima kasih pak.

  • March 10, 2011 at 11:13 am
    Permalink

    Tolong donk alamatnya yg lengkap dan no.telp yg bisa di hubungi… terima kasih

  • March 10, 2011 at 11:14 am
    Permalink

    pak tlong saya minta alamat yang jelas dan no tlpn yg dapat dihubungi..
    terima kasih pak…

  • April 4, 2011 at 2:31 pm
    Permalink

    iya pak, bisa dikirimkan alamat dan nmr telp nya? krn kbetulan saya membutuhkan.
    terimakasih.
    mrio22@yahoo.com
    085648112222

  • June 14, 2011 at 3:32 pm
    Permalink

    gan, tulung dunk email alamat lengkap dan nomer telp nya ke qhu_numbs@yahoo.com thanks before

  • August 13, 2011 at 9:17 am
    Permalink

    blh sy mt no hpnya pak? no hp sy 03627039039

  • August 13, 2011 at 9:20 am
    Permalink

    blh sy th alamat bpk,? sy sgt tertarik, krn nafas sy sgt bau, tmn sy blg itu krn pengendapan lendir yg byk didada sy,,, bnr bgtu pak?
    sy ingin konsul dg bpk,,,

  • August 15, 2011 at 10:45 am
    Permalink

    saya tertarik terapi gurah anda,, kira2 bisa hub anda kemana ya? tlg hub saya di 082115393338. saya tunggu infonya ya.. terima kasih
    email : free2be_pink@yahoo.com

  • September 28, 2011 at 9:01 am
    Permalink

    klo di daerah bdg ada g pa . .

  • September 28, 2011 at 9:05 am
    Permalink

    klo daerah bandung ada ga ya, yg dibyar menurut ridhony pasien. . . Hehehe
    klo tau tlng sms no sya ya 085320560650

  • November 30, 2011 at 4:58 pm
    Permalink

    sya mau donk terapi gurah biar suara saya lebih jernih,klo di jakarta tempat nya di mana ya?

  • April 28, 2012 at 3:19 pm
    Permalink

    mas, saya baru aja ke p. bahrul ulum ini untuk gurah yang kedua kalinya. artikel ini saya kopas di web saya yah? please….. minta ijin yah?

  • May 16, 2013 at 9:15 am
    Permalink

    Kalo daerah jakarta ada gk ya…tp yg dibayar seridhonya hehhe
    Klo ada sms ke 083876079685

  • June 7, 2013 at 1:09 pm
    Permalink

    Kalo boleh tau alamatnya dimana ya tolong dismskan dinomor 085606157815 thx u.karna saya ada masalah ama pernafasan mungkin info dari anda bisa membantu saya thx u.

  • August 31, 2014 at 8:12 pm
    Permalink

    Adakah cabang di jakarta,,bila ada minta alamt lengkap dan no tlp nya,trimakasih

  • August 28, 2017 at 9:12 am
    Permalink

    Gurah jakarta 082298184058

  • January 20, 2018 at 7:34 pm
    Permalink

    Katanya kalau sesudah di gurah suara akan bindeng, apakah benar?

  • August 9, 2018 at 1:39 pm
    Permalink

    Wah hebat juga ada pengobatan seperti ini memperbagus suara
    Apakah saat ini masih ada atau sudah pindah tempat praktek nya yah

  • August 27, 2018 at 8:30 pm
    Permalink

    kalau di siniii pake madu dia mas
    biasanya yang mau jadi qorik

  • September 22, 2018 at 9:39 am
    Permalink

    Terimakasih atas informasinya.
    Apakah Gurah ini tida berbahaya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial